Senin, 04 April 2016

DAMPAK PEMANFAATAN TEKNOLOGI DI BIDANG SENI DAN BUDAYA


DAMPAK PEMANFAATAN TEKNOLOGI DI BIDANG SENI DAN BUDAYA



Disusun Oleh :
Andrian Ardi (15220022)
Miranda .I.P.De’Araujo (1522024)
Enjelyna So’o (15220021)


Sains Dan Teknologi
Universitas Respati Yogyakarta
2015/2016

KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini. Sholawat dan salam senantisa tercurah pada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Tidak lupa pula kami mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing dan teman-teman yang terlibat dalam pembuatan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan. Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan agar dalam pembuatan makalah selanjutnya dapat lebih baik. Harapan kami, semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk kami pada khususnya dan reka-rekan,pada,umumnya.,Amin.




Yogyakarta, 30 Maret 2016



Daftar Isi
KATA PENGANTAR
Daftar Isi




BAB I

PENDAHULUAN


Pada masa awal dibuatnya komputer diharapkan dapat membantu manusia untuk melakukan pekerjaannya. Seiring perkembangannya komputer saat ini sudah dapat melakukan banyak hal dalam membantu pekerjaan manusia di banyak bidang termasuk bidang seni. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang manfaat komputer dibidang seni. Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah terpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik di bidang ekonomi, politik, kebudayaan, pendidikan dan bahkan di dunia seni. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang seni dan budaya sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.

Adapun rumusan masalahadalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana definisi teknologi menurut para ahli ?
2.      Bagaimana perkembangan teknologi dalam seni dan budaya?
3.      Bagaimana pengaruh positif teknologi terhadap seni dan budaya?
4.      Bagaimana pengaruh negatif teknologi terhadap seni dan budaya?

Adapun tujuan penulis membuat makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk menjelaskan definisi teknologi menurut para ahli.
2.      Untuk menjelaskan perkembangan teknologi dalam seni dan budaya.
3.      Untuk menjelaskan positif teknologi terhadap seni dan budaya.
4.      Untuk menjelaskanpengaruh negatif teknologi terhadap seni dan budaya.




Nana Syaodih S. menyatakan bahwa sebenarnya sejak dahulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Kalau manusia pada zaman dahulu memecahkan kemiri dengan batu atau memetik buah dengan galah, sesungguhnya mereka sudah menggunakan teknologi, yaitu teknologi sederhana.
Terkait dengan teknologi, Anglin mendefinisikan teknologi sebagai penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan menyistem untuk memecahkan masalah. Ahli lain, Kast & Rosenweig menyatakan Technology is the art of utilizing scientific knowledge. Sedangkan Iskandar Alisyahbana (1980:1) merumuskan lebih jelas dan lengkap tentang definisi teknologi yaitu cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera, dan otak manusia.
Menurut Iskandar Alisyahbana Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah “teknologi belum digunakan. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.Sedangkan menurut Jaques Ellul memberi arti teknologi sebagai” keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.


Seni sendiri terbagi atas beberapa jenis seni antara lain:
A.    Seni Film.
B.     Seni Fotografi.
C.     Seni Musik
D.    Seni Multimedia yang terdiri dari gambar, animasi, video dan lain-lain.


Berikut ini akan kita coba sedikit jelaskan penggunaan atau pemanfaatan komputer di bidang seni
1.1.     FILM (VIDEO)
            Dengan adanya komputer saat ini dalam proses pembuatan video atau film sudah semakin canggih serta tidak kaku seperti dahulu, karena dengan adanya teknologi komputer dalam pembuatan video dapat ditambah atau edit dengan plugin-plugin yang ad untuk  menghasilkan efek atau pencitraan yang lebih maksimal.
Beriku ini software yang biasa dipergunakan untuk mengedit video. AdobePremiere Pro 1.5, Software ini merupakan software utama, dimana semua potongan-potongan video disatukan disini.

1.      Ulead Video Studio 9, untuk membuat animasi, biasanya yang saya pergunakan adalah efek animasi album. Kemudian hasilnya diekspor ke format avi dan disatukan di Premiere. Saat ini sudah ada Ulead Video Studio yang versi 10.
2.      Pinnacle Hollywood FX 4.6, Plugin efek-efek Pinnacle untuk Adobe Premiere. Agak monoton dan jadul memang efek-efek nya,tapi kalau digabung dengan efek-efek lain bisa didapat hasil yang lumayan
3.      Burger Plug In, Plug in efek2 transisi yng cukup menarik untuk Adobe Premiere. Biasanya yang saya pergunakan adalah efek seperti blitz kamera untuk seolah2 mengambil foto.
4.      TMPGEnc, Software untuk membuat mpg dengan hasil yg lebih bagus daripada langsung dari Adobe Premiere.
5.      Frame Server, sebuah software untuk bisa merender langsung dari Adobe Premiere ke TMPG Enc tanpa harus merender dahulu menjadi avi.
6.      Xara 3D dan Bluff Titler, untuk membuat animasi title.

Dengan software – software tersebut saya rasa cukup untuk mengedit video. Tinggal dituntut kesabaran dan kreatifitas dalam menyusun potongan2 video sehingga menjadi sebuah karya yang bagus.

Berikut adalah contoh tampilan dari software untuk editing video:
Ulead Video Studio



Adobe Premiere Pro

1.2.     PHOTOGRAFI
     Dengan menggunakan software komputer kita dapat mengedit foto dengan efek yang kita mau, menghilangkan gambar atau menambahkan gambar baru ke dalam sebuah gambar. Hal ini dapat membuat hasil foto dari kamera dapat menjadi lebih hidup dan indah. Dengan software editing kita bias merubah pencahayaan, sudut dating cahaya atau bahkan warna. Hal ini karena dalam program tersebut disediakan banyak plugin yang menjunjang.
Berikut adalah contoh software untuk editing foto
Adobe Photoshop

ACDsee Pro


1.3.     MUSIK
            Dahulu untuk memainkan music atau merekam music harus menggunakan alat dengan pita sebagai media pemutaran dan perekaman, dalam proses pembutannya sangatlah boros dan menghasilkan suara yg live,dan tidak adanya noise reduction untuk menghilangkan suara bising. Saat ini dengan adanya kemajuan komputer kita dapat memutar lagu atau music dengan mudah dan kualitas suara yang bagus berkat adanya proses rekaman dengan menggunakan system computer atau seni

Dengan menggunakan perangkat komputer dan berbagai software penunjang kita dapat melakukan perekaman, pengeditan lagu, mixing serta pemutaran lagu dengan sangat mudah dan canggih dengan menggunakan berbagai plugin seperti noise reduction, streo reverbs dan lain-lain yang pada jaman dahulu tidak bis
a dilakukan denga alat, harus disetting manual.

Ada dua kategori software yang digunakan untuk menunjang music yaitu:
1.      Software music player.
2.      Software music recording(maker).

Berikut ini adalah beberapa software music player yaitu:
Ƙ  Winamp
Ƙ  AIMP3
Ƙ  Windows media player, dll.


Berikut ini adalah beberapa software music maker:
Ƙ  Steinberg Nuendo
Ƙ  Protools.
Ƙ  Sonar.
Ƙ  Adobe Audition.
Ƙ  Cubase SX


Dan berikut adalah contoh tampilan music player :


Winamp

Aimp3



Dan berikut adalah contoh tampilan music maker:

 steinberg nuendo

    Protool

Jadi dengan menggunakan teknologi komputer kita dapat melakukan perekaman dan pengeditan dengan mudah dengan bantuan plugin-plugiyang ada. Agar menghasilkan kualitas suara yang maksimal Selain membantu perkembangan seni, teknologi komputer juga memiliki segi negative untuk seni yaitu:
Ƙ  Maraknya pembajakan.
Ƙ  Maraknya pencurian hak cipta.
Ƙ  Mengurangi kreatifitas alami.
Ƙ  Maraknya peredaran film yang menyimpang.
Ƙ  Dan lain-lain.


1.4.            MULTIMEDIA
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
Multimedia dimanfaatkan  juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara individual. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profile perusahaan, profile produk, bahkan sebagai media  informasi dan pelatihan dalam system e-learning.
Berikut adalah elemen-elemen padda multimedia :
            Animasi merupakan kumpulan gambar yang memiliki alur cerita gambar yang berbeda-beda untuk setiap frame-nya yang ditampilkan secara bergantian sehingga akan terlihat bergerak. Animasi dibuat khusus untuk mendukung konsep ilustrasi yang mengharuskan adegan gambar yang bergerak. Proses animasi adalah menampilkan gambar demi gambar dalam satuan waktu

            Dengan menggunakan software komputer kita dapat mengedit foto dengan efek yang kita mau, menghilangkan gambar atau menambahkan gambar baru ke dalam sebuah gambar. Hal ini dapat membuat hasil foto dari kamera dapat menjadi lebih hidup dan indah. Dengan software editing kita bisa merubah pencahayaan, sudut datang cahaya atau bahkan warna. Hal ini karena dalam program tersebut disediakan banyak plugin yang menunjang.          


            Dalam penggunaannya di dalam proses perancangan grafis, komputer yang berbasiskan teknologi digital menawarkan berbagai kemudahan, kecepatan, keleluasaan dalam menghasilkan suatu gagasan-gagasan visual. Komputer telah menciptakan suatu ruang bermain dan berkreasi bagi para perancang seluas-luasnya, banyak hal-hal baru yang sebelumnya tidak memungkinkan untuk dilakukan dengan teknik manual, saat ini menjadi suatu kenyataan bahkan suatu yang tidak terpikirkan sebelumnya. Komputer grafis telah banyak memberikan pengaruh, tidak hanya terhadap tampilan karya produk cetakan tetapi juga pada proses produksi dan proses kreasi bagi perancang grafis.

Video menyediakan sumber yang kaya dan hidup untuk aplikasi multimedia. Dengan video dapat menerangkan hal-hal yang sulit digambarkan lewat kata-kata atau gambar diam dan dapat menggambarkan emosi dan psikologi manusia secara lebih jelas

a.       Memudahkan user dalam menciptakan sebuah karya seni yang berkualitas.
b.      Pekerjaaan dapat dikerjakan lebih mudah dan praktis.
c.       Waktu yang digunakan lebih cepat (Efisien waktu)

a.       Maraknya Pembajakan.
b.      Maraknya Pencurian Hak Cipta.
c.       Mengurangi Kreatifitas Alami.
d.      Maraknya Peredaran film yang menyimpang




BAB III

PENUTUP

 

Kesimpulan:

            Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang terus, bahkan berlangsung dengan pesat. Perkembangan itu bukan hanya dalam hitungan tahun, bulan, atau hari, melainkan jam, bahkan menit atau detik, terutama berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi yang ditunjang dengan teknologi elektronika. Pengaruhnya meluas ke berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang seni dan budaya. Pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat ini memberikan dampak positif dan dampak negatif. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak positif dengan semakin terbuka dan tersebarnya informasi dan pengetahuan dari dan ke seluruh dunia menembus batas ruang dan waktu. Dampak negatifnya yaitu terjadinya perubahan nilai, norma, aturan, atau moral kehidupan yang bertentangan dengan nilai, norma, aturan, dan moral kehidupan yang dianut masyarakat. Menyikapi keadaan ini, maka peran pendidikan sangat penting untuk mengembangkan dampak positif dan memperbaiki dampak negatifnya. Pendidikan tidak antipati atau alergi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, namun sebaliknya menjadi subyek atau pelopor dalam pengembangannya
Berdasarkan paparan diatas maka dapat ditarik suatu kesimpulan mengenai pengaruh teknologi terhadap kehidupan masyarakat yaitu:
1.      Pengaruh teknologi informasi tidak mungkin kita tolak atau hindari, kita harus dapat memanfaatkannya untuk kesejahteraan masyarakat tetapi disisi lain kita juga harus berhati-hati dan bersikap bijak agar dampak negatif yang menyeratinya dapat kita halangkan atau paling tidak kita minimalisir.
2.      Mengenalkan teknologi informasi sekaligus pemanfaatannya bagi kehidupan pribadi maupun kehidupan social kemasyarakatan.
3.       Meningkatkan daya nalar dan daya seleksi masyarakat terhadap berbagai informasi yang membanjiri, sehingga masyarakat semakin kritis dan dewasa dalam menyikapinya.




v  http://unnycl.blogspot.co.id/2015/01/makalah-dampak-teknologi-terhadap.html (diakses tanggal 29 maret 2016 pukul 16.57) nama chang lee
v  http://ourpos.blogspot.co.id/2014/09/contoh-makalah-teknologi-komputer.html  (diakses tanggal 04 April 2016 Pukul 15:46)



2 komentar: